Amazon SearchBox

Ada kesalahan di dalam gadget ini

Jumat, 23 Mei 2008

Pentingnya Teknologi Informasi dalam Pendidikan

Saat ini teknologi di dunia semakin berkembang. Sebuah perkembangan yang sangat pesat. Seharusnya semua hasil dan perkembangan teknologi dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin, namun saat ini masih belum. Mengapa demikian? Karena sumber daya manusianya masih kurang menguasai teknologi yang ada. Bagaimana bisa mengikuti perkembangan teknologi yang ada jika sumber daya manusia yang ada tidak mau berusaha dan malas-malasan. Semakin canggihnya teknologi yang ada, seharusnya membantu kita untuk dapat bekerja lebih baik dan menghasilkan produk yang lebih baik dari pada sebelumnya. Teknologi yang ada semakin canggih dan berkembang, namun yang terjadi malah kita menjadi malas dan seperti tidak peduli dengan pekerjaan kita. Kita hanya melakukan sebuah rutinitas pekerjaan semata.
TI dalam Pendidikan
Bagaimana dengan dunia pendidikan di Indonesia sekarang ini? Di Indonesia sesungguhnya telah menerapkan TI dalam dunia pendidikan. Ini bertujuan untuk lebih mengenalkan murid/anak didik kepada perkembangan teknologi yang ada. Di samping itu bertujuan untuk membekali murid dengan pengetahuan dan kemampuan dalam menerapkan TI yang ada untuk membantu dalam belajar dan bekerja di kelak kemudian hari. Sebuah tujuan jangka panjang yang tidak dapat dinilai seberapa besar manfaat yang ada. Sekarang ini banyak sekolah yang menerapkan TI dalam proses pembelajaran. Ini sangat membantu siswa dalam belajar. Mengingat bahwa kita sering menemui siswa baik SD, SMP maupun SMA yang setelah sepulang sekolah bermain playstasion atau ke warnet untuk bermain game online. Secara tidak langsung mereka telah memanfaatkan teknologi yang ada. Namun sayang, mereka hanya memanfaatkan teknologi yang ada untuk bermain semata, bukan untuk belajar.
Saya pernah membuka situs yang merupakan situs pendidikan dari sebuah universitas terkemuka di Amerika. Di dalam situs tersebut memuat sebuah gambar yang menggunakan program flash. Gambar tersebut dapat bergerak dan berpindah tempat. Saat itu saya mencoba membuka tentang sistem pembuluh darah dan bagaimana aliran darah yang terjadi dalam tubuh manusia. Di situ sangat jelas gambar bagaimana darah bergerak ke seluruh tubuh dari jantung dan kembali lagi bolak-balik. Dalam pelajaran biologi, sering kita hanya menerima gambar yang diam atau sekedar penjelasan dari guru kita, namun dengan perkembangan teknologi yang ada, maka kita dapat melihat bagaimana kerja jantung atau aliran darah dalam tubuh manusia meski hanya melalui sebuah ilustrasi program flash.
Saya sendiri telah melewati masa SMA, dan ketika saya melihat sistem peredaran darah dalam situs tersebut, saya sangat senang dan begitu mudah mengerti dan mengingat semua yang dijelaskan dalam situs tersebut. Jika semua sekolah menerapkan dan memiliki program pembelajaran berbasis teknologi informasi, saya yakin murid-murid akan semakin pandai dan kreatif. Namun semua itu tetap harus dalam pengawasan pihak sekolah dan orangtua dalam mengarahkan dan mengawasi. Karena TI rentan dengan penyalahgunaan atau digunakan tidak sesuai dengan yang seharusnya. Seperti internet yang digunakan untuk membuka situs-situs dewasa atau hanya untuk bermain game online semata, tidak untuk belajar.
Mari kita bersama memanfaatkan TI untuk mendidik dan belajar bersama untuk kemajuan diri kita, anak-anak kita dan juga demi kemajuan bangsa Indonesia.
Tuhan memberkati Indonesia dengan Teknologi Informasi dan pendidikan berbasis teknologi informasi yang akan memajukan dan membuat anak-anak bangsa dan bangsa Indonesia menjadi anak-anak yang pandai dan menjadi bangsa yang besar. Amin

GOD Bless Indonesia

Tidak ada komentar: